ETS MPPL C 2020

Nama: M. Rosyid Abdurrohman
NRP: 05111540000144

1. Apa yang dimaksud dengan manajemen proyek PL. Ruang lingkup manajemen proyek PL meliputi apa saja?
    
    Manajemen Proyek Perangkat Lunak adalah suatu proses kegiatan untuk melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan sumber daya untuk membuat suatu perangkat lunak atau program komputer, serta mencapai tujuan tertentu dalam batasan waktu, ruang lingkup, dan biaya.

Ruang Lingkup:
  • Project objectives, vision, mission dan goal (tujuan proyek).
  • Deliverables (apa yang akan diberikan pada user pada akhir proyek).
  • Milestones (penanda pencapaian dalam proyek).
  • Technical Requirements (kebutuhan teknis yang menjamin pemenuhan kinerja yang diminta oleh konsumen).
  • Limits, exclusions dan contraints (batasan dan pernyataan apa yang tidak termasuk).
  • Reviews with customers (untuk mencek apakah sudah sesuai dengan yang diminta oleh konsumen).
  • Secara keseluruhan dituliskan dalam sebuah: Feasibility Plan.


2. Berdasarkan video di atas, deskripsikan kegunaan aplikasi dan fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi

Aplikasi SI APIK dapat mempermudah pemilik usaha (terutama usaha mikro, kecil, dan menengah) untuk menyusun laporan keuangan yang memenuhi standard, menyajikan hasil analisis laporan keuangan, serta melihat kinerja keuangan secara lebih komprehensif. 

Fitur:
  • Registrasi dan Login (daftar akun / masuk ke dalam aku pengguna yang sudah terdaftar).
  • Registrasi Usaha (mendaftarkan usaha pengguna ke dalam aplikasi).
  • Transaksi (mengisi data usaha pengguna sesuai dengan jenis data).
  • Laporan (menampilkan hasil laporan keungan pada waktu yang diinginkan pengguna).

3. Jika anda diminta mendevelop ulang, berapa lama mampu menyelesaikan? Selanjutnya tuliskan KAK dari aplikasi supaya memenuhi kebutuhan dari pengguna perangkat lunak

Perkiraan saya, sekitar 2 Bulan.

KAK

A. Latar Belakang
    Banyak pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kurang memahami pentingnya Pencatatan Transaksi Keuangan (PTK). Ketika UMKM tidak memiliki PTK yang tepat, mereka tidak akan memahami kondisi finansial usaha mereka secara menyeluruh. Bank juga akan kesulitan untuk menganalisa kemampuan UMKM tersebut. Alhasil, analisa kredit jadi sering tidak akurat, yang menyebabkan terbuangnya waktu dan biaya.
  
B. Maksud dan Tujuan
    Maksud dan tujuan dari aplikasi ini adalah untuk mempermudah pemilik UMKM dalam menyusun laporan keuangan yang diperlukan.

C. Sasaran
    Tersedianya suatu aplikasi yang dapat digunakan oleh pemilik UMKM untuk mempermudah penyusunan laporan keuangan UMKM. 

D. Nama dan Organisasi Pengguna
    Bank Indonesia (BI).

E. Sumber Pendanaan
    Dana dari Bank Indonesia dengan biaya sebesar Rp 29.000.000,00, dengan rincian: 
  1. Pengadaan server -> Rp 10.000.000,00
  2. Oracle Database -> Rp 1.500.000,00
  3. Tenaga Ahli 
    • Project Manager -> Rp 8.000.000,00
    • System Analyst -> Rp 6.000.000,00
    • Programmer -> Rp 3.500.000,00

F. Lingkup, Lokasi, Fasilitas, dan Alih Pengetahuan 

    1. Lingkup Kegiatan
  • Pengadaan modul dari aplikasi SI APIK, pembuatan surat jalan, pembuatan surat tanda terima, pembuatan nota dan pencatatan proses bisnis.
  • Pengadaan server untuk aplikasi SI APIK.
  • Pengembangan database yang dapat mendukung modul dikembangkan pada sub poin sebelumnya.
  • Membuat dokumentasi yang lengkap (kertas dan elektronik) untuk aplikasi SI APIK yang meliputi: 
    • User Requirement,
    • User Interface,
    • Testing (Unit Test, Integration Test),
    • Database Security,
    • Security Level,
    • Form Input / Output,
    • Source Code,
    • User Manual Aplikasi
    2. Lokasi Kegiatan
        Lokasi dari kegiatan ini dilakukan di dalam rumah masing-masing (WFH).

    3. Fasilitas
  • Pengguna Jasa
    • Konsulitasi kebutuhan
    • Ikut dilibatkan pengembangan
  • Penyedia Jasa
    • Dokumentasi dan laporan mingguan
    4. Alih Pengetahuan
  • Training
  • Konsultasi

G. Metodologi
    Metodologi dan pendekatan yang digunakan dalam pembuatan aplikasi SI APIK adalah dengan memperhatikan kebutuhan dan kesesuaian dengan kondisi UMKM yang sudah ada dengan berbasis pada best practice dari data-data UMKM yang tersedia di Bank Indonesia.

H. Jangka Waktu Pelaksanaan
    Jangkan waktu pelaksanaan aplikasi SI APIK ini adalah 1 Bulan, terhitung 1 Desember 2020.

I. Kualifikasi
    Kualifikasi yang diharuskan oleh pengguna jasa adalah: 
  • Bersedia menandatangani perjanjian kerahasiaan data dan informasi sesuai dengan kebijakan Bank Indonesia.
  • Memiliki latar belakang dan pengalaman dalam bidang perancangan dan pembangunan aplikasi sistem informasi, terintegrasi dan mengintegrasikan aplikasi.
  • Pernah menjadi penyedia jasa dalam bidang perancangan dan pembangunan aplikasi untuk minimal satu organisasi berbeda.
  • Memiliki pemikiran inovatif dan konstruktif dalam bidang Perancangan dan Pembangunan Aplikasi.
  • Memiliki kemampuan untuk menangani masalah dengan cepat dan tepat.
  • Memiliki metode yang baik dalam memberikan pelayanan kepada pengguna.
  • Sanggup untuk memberikan garansi atas berfungsinya barang / jasa secara sempurna selama satu tahun sejak serah terima.
  • Memiliki komitmen yang kuat untuk mau bekerjasama dengan Bank Indonesia.
  • Memiliki komitmen untuk mengamankan data dan informasi yang berkaitan dengan Bank Indonesia.
  • Memiliki komitmen dan disiplin terhadap tanggung jawab dan jadwal pekerjaan.

J. Tenaga Ahli
Demi menunjang keberlangsungan pengembangan, maka dibutuhkan tenaga ahli sebagai berikut:

  • Project Manager 
  • System Analyst 
  • Programmer 


K. Keluaran 
    Keluaran yang dihasilkan dari pelaksanaan pekerjaan ini adalah :
  • Sistem informasi yang digunakan sebagai pendukung kegiatan penyusunan laporan keuangan dari Bank Indonesia.
  • Dokumentasi yang berkaitan dengan pengembangan aplikasi, antara lain dan tidak terbatas pada requirement, desain sistem, konfigurasi sistem dan arsitektur program.
  • Program dengan source code.
  • Dokumentasi seluruh sistem dan perangkat lunak berupa technical manual.
  • Dokumentasi SOP (System Operating Procedure) maupun SMP (System Maintenance Procedure).
  • Instalasi aplikasi.
  • Pelatihan, pendampingan / asistensi, garansi dan pemeliharaan.
  • Seperangkat sistem yang terdiri dari sistem informasi beserta hardware pendukung, yaitu server dan barcode scanner.
    Media untuk dokumentasi pada proyek ini dibuat dalam format softcopy dan hardcopy. Format yang digunakan dalam dokumentasi dalam bentuk softcopy adalah menggunakan standar format Windows Office dan atau PDF. Dokumen yang diserahkan tersebut harus merupakan versi final dari aplikasi yang telah dikembangkan / dibangun melalui tahapan pengujian dan integrasi sistem aplikasi.

L. Pelaporan
  • Laporan Pendahuluan
    • Rencana kerja
    • Jadwal kegiatan
    • Estimasi waktu selesai sebelum deadline
  • Laporan Interim
    • Hasil yang sudah dicapai
    • Masalah pelaksanaan dan solusi
    • Rencana baru selanjutnya
  • Laporan Akhir
    • Laporan mingguan
    • Keluaran proyek
  • Laporan mingguan pada pertemuan rutin

4. Untuk mewujudkan perangkat lunak tersebut tentukan aktivitas yang harus dilakukan, kemudian buatlah WBS nya



5. Buatlah Penjadwalan untuk menyelesaikan proyek tersebut.


Comments

Popular posts from this blog

ETS PBKK A